Sila Emas (Siraturahmi Lintas Agama dan Elemen Masyarakat Berdoa bersama Menjelang Pilkada Jember Ciptakan Aman Damai.

 


Jember, Barometerpost.com Forum Silaturahmi Lintas Agama dan Elemen Masyarakat (Sila Emas) berdoa bersama dalam keyakinan masing-masing bagi bangsa dan negara Indonesia. 


Agenda rutin 3 bulanan ini terasa istimewa sebab saat ini, di tingkat lokal sedang mendekati pilkada dan di tingkat internasional sedang bergejolak di Perancis. 


Lokasi doa bersama di Balai Paseban di Pura Tri Kaya Parisudha Jl. Mangga I/27Jember, tempat beribadah umat Hindu dibawah naungan Parisada Hindu Di Indonesia (PHDI)


Ignatius Sumarwi, Ketua Sila Emas mengatakan, kegiatan doa bersama ini rutin dilakukan. Sebelumnya dilakukan di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari pada Bulan Agustus lalu. Ini merupakan agenda doa bersama terakhir untuk tahun 2020. Setiap kegiatan selalu berpindah-pindah sebagai bentuk nyata toleransi beragama.


Hadir mewakili Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Bakesbangpol) H Arifin, Ketua FKUB DR. KH Abdul Muis Sonhaji, Penyelengara Kristen Kemenag Trisuwito, Bagong Trisnadi (mantan wakil Bupati Jember), Pdt Yeremia Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS), Agung dari LDII dan yang lainnya. Ketua FKUB Gus Muis mengingatkan keadaan saat ini di Jember suasananya mulai menghangat. "Yang terpenting adalah pilkada ini aman dan tingkat partisipasi masyarakat tinggi," katanya, Minggu (8/11/2020). Ia mempersilahkan setiap orang memilih pilihannya sendiri dan tidak mengarahkan hadirin pada salah satu calon. 


Kedua, lanjut Gus Muis, kasus di Perancis berdampak pula di masyarakat Indonesia yang plural. "Di Prancis tidak sama dengan Indonesia. Disana hanya mengakui tiga agama saja sedangkan di Indonesia lebih dari itu," urai Gus Muis yang baru mendapat gelar S 3.


 "Perbedaan yang dibingkai oleh Bhineka Tunggal Ika tidak bisa dipaksakan dijadikan satu". Yang berbeda (agama dan keyakinan) tetap dibiarkan berbeda tapi tetap bersatu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, mencari suatu kegiatan yang bisa menyatukan yang berbeda. Ia berharap kegiatan semacam ini bisa menjadi upaya untuk merawat kebersamaan antar umat.(hin)

Posting Komentar

0 Komentar