Sunday, April 26, 2020

Mutus Mata Rantai Penyebaraan Covid - 19 ,,Kades Kaliwining Blusukan Bagi Masker



Rambipuji, BAROMETERPOST.com Dampak penyebaran Covid yang semakin meningkat di Kabupaten Jember, Kepala Desa Kaliwining blusukan ke dusun- dusun.

Hal ini dilakukan untuk antisipasi penyebaran Covid19 di wilayahnya (Kaliwining). Kades membagikan 3000 masker terhadap warganya yang berada di masing-masing dusun Desa Kaliwining Kecamatan Rambipuji pada, Minggu 26/4 pagi hari.

Samsul Arifin (Kepala Desa Kaliwining )menyampaikan, hal tersebut dilakukan agar warga yang keluar rumah tetap menggunakan masker, demi pencegahan wabah virus yang di kenal dengan istilah Covid19 ini. "Upaya ini saya lakukan sebagai langkah penularan coronoa di lingkungan kami, dan agar warga yang bepergian keluar rumah tetap menggunakan masker sesuai anjuran pemerintah pusat maumpun daerah yang selalama ini dihimbaukan," katanya saat ditemi awak media di Dusun Gayam.

Tidak hanya pembagian masker saja, namun juga akan dilalukan penyemprotan Desinfektan ke sepuluh dusun nantinya sebulan dua kali. "Selain kita membagikan masker, kita dengan relawan Covid19 yang telah dibentuk oleh desa beberapa minggu yang lalu akan saling membahu untuk melakukan pemyemprotan cairan Desinfektan ke seluruh dusun di Desa Kaliwining ini," ungkap Kades

Selain itu, relawan yang telah kami bentuk itu, nantinya juga akan melalukan pendataan terhadap warga yang teridentifikasi ODR atau ODP. "Pendataan difokuskan terhadap warga yang datang dari berasal dari luar negeri, daerah zona merah, seperti Malang, Surabaya, dan Bali," imbuhnya.
Hasil dari pendataan tersebut, nantinya akan di kolektifkan di posko Cobid19 yang telah di dirikan pemerintah desa sesuai amanah Permemdes 6 tahun 2020 dan SE Bupati beberapa waktu yang lalu. "Posko kami dirikan dengan tujuan bisa membantu pemerintah pusat dan daerah dalam mengantisipasi dan mengidentifikasi warga yang datang dari luar daerah yang teridentifikasi sebagai ODR maupun ODP, diluar itu, pendirian posko tersebut merupakan petunjuk dari Kementerian Desa.(*/hin)
Posted by:Barometer post
Barometerpost, Updated at: 4/26/2020 02:26:00 PM

No comments:

Post a Comment