Ratusan Relawan ,Pengurus dan Pegawai PMI Jember Ikuti Rapid Test Bergelombang



JEMBER – Puluhan pengurus, relawan dan pegawai PMI Kabupaten Jember menajalani rapid test di Unit Donor Darah (UDD) Jl Srikoyo. Rapid test terhadap puluhan pengurus, relawan PMI lain dilanjutkan Sabtu hingga Senin mendatang. Rapid test dilakukan untuk mendeteksi sejak dini pengurus, relawan dan pegawai PMI Kabupaten Jember terhadap Covid-19.
Jika hasilnya positif maka akan dikoordinasi dengan Gugus Tugas Pencegahan untuk dilakukan tindakan sesuai protokol pencegahan Covid-19. “Hampir semua  pengurus, pegawai dan relawan PMI memang kami minta menjalani rapid test,” kata ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH.
Menurut Zaenal, hingga hari ini pengurus, relawan dan pegawai PMI Kabupaten Jember sejatinya tidak ada tanda-tanda mencurigakan. “Saat mau menjalani rapid test dilakukan pengukuran suhu dan diminta mengikuti protokol pencegahan Covid-19. Kami lihat secara fisik kesehatan pengurus, relawan dan pegawai PMI Kabupaten Jember baik. Saat diukur suhunya juga normal semua,” sambungnya.

Namun, PMI ingin bahwa kesehatan pengurus, relawan dan pegawai PMI Kabupaten Jember terjaga. Khususnya para pegawai yang banyak pelayani masyarakat, termasuk 12 relawan pengangukut jenazah Covid-19. “Relawan pengantar jenazah terkait Covid-19 tentu dapat perhatian lebih, juga para petugas PMI yang aktif melakukan donor darah karena mereka bersiggungan dengan banyak orang saat donor darah,” ujarnya.
Satu persatu diambil darahnya oleh petugas PMI. Selanjutnya darah diberi reagen untuk mengetahui apakah masing-masing reaktif atau tidak. Hasilnya belum diketahui. Dijadwalkan hasil rapid test puluhan pengurus, relawan dan pegawai PMI Kabupaten Jember akan disampaikan hari ini.

Zaenal menjelaskan, bahwa PMI kabupaten Jember sangat proaktif terhadap upaya pencegahan Covid-19. Tim relawan PMI terus aktif melakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum, membangikan sekaligus sosialisasi penggunaan masker kepada masyarakat.
Memberikan antiseptik di tempat-tempat umum seperti masjid, gereja, terminal, pasar dan tempat-tempat umum yang banyak dikunjungi orang. “Kita terus berupaya keras untuk aktif melakukan pencegahan Covid-19. Yang terbaru melakukan rapid test terhadap pengurus, relawan dan pegawai PMI Kabupaten Jember,” ujarnya. (*)

Post a comment

0 Comments