Thursday, April 30, 2020

Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD ,UNTUK MASYARAKAT TERDAMPAK COVID-19 PEMDES LIBATKAKAN TIGA PILAR VALIDASI DAN FINALISASASI DATA ROWOTAMTU RAMBIPUJI JEMBER.



Musyawarah desa Rowotamtu Rambipuji Jember libatkan Tiga Pilar dalam proses penerimaan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) kepada warga yang terdampak wabah Covid-19. Karena validasi dan finalisasi data warga penerima BLT DD dilakukan dengan cara Musyawarah Desa (Musdes) khusus, dengan melibatkan beberapa elemen meliputi Kepala Dusun, BPD, RT/RW, Pendamping PKH, TKSK, Bhabinkamtibmas, serta petugas pendata masyarakat calon penerima BLT.

Validasi data penerima BLT DD ini diperlukan, karena untuk mengidentifikasi dan menentukan nama penerima apakah sudah layak atau ada identitas yang dobel antara Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang diterimanya dengan fakta dilapangan.30/04/2020

“Jika dalam validasi ternyata sudah sebagai penerima PKH, maka kami pihak Pemdes Rowotamtu akan melakukan pemilahan, hingga benar-benar valid, karena penerima BLT DD adalah mereka yang selama ini belum pernah menerima bantuan seperti PKH maupun BPNT dan lainnya,” ujar Sumali.

Agar data tersebut benar-benar valid dan tepat sasaran, pihak Pemdes mengoptimalkan Relawan Covid-19 untuk melakukan verifikasi bersama dengan elemen masyarakat dan mendapat pengawasan dari pihak kepolisian serta pemeriksaan bersama-sama sebelum di tetapkan . Penetapan Validasi sendiri nantinya, akan di validasi dan ditetapkan oleh kepala desa, tentunya setelah melalui proses verivikasi terlebih dahulu. “Setelah proses ini selesai, maka tinggal satu langkah lagi, yaitu proses penyaluran terhadap warga yang sudah ditetapkan sebagai pemerima bantuan BLT DD ini.(*/hin)
Posted by:Barometer post
Barometerpost, Updated at: 4/30/2020 05:56:00 PM

No comments:

Post a Comment