PMI Jember Ajak Masyarakat Sosialisasi Cegah Covid -19 Di Titik -Titik Keramaian.



JEMBER - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember Jawa Timur tak henti-hentinya turun ke pelosok-pelosok kampung dan mendatangi pondok pesantren yang saat ini membuka penerimaan santri baru, dengan tujuan mengingatkan bahwa penyebaran virus Covid-19 belum berakhir sekaligus mengajak partisipasi masyarakat turut aktif mencegah penularan virus dilingkungannya.

Setiap hari pasien positif covid-19 di Kabupaten Jember terus bertambah meski sebagian diantaranya telah dinyatakan sembuh oleh tim medis. Data terbaru Di Kabupaten Jember Rabu (15/7/2020) tercatat 5 kasus baru sehingga total menjadi 181 kasus terkonfirmasi Covid-19.

Dengan demikian, tetap dibutuhkan adanya pencegahan yang melibatkan partisipasi tokoh masyarakat maupun pemuda agar ikut menyebarluaskan pentingnya melakukan pencegahan terhadap Covid-19.

Kegiatan Promkes PHBS, Klinik Pratama PMI Kabupaten Jember menerjunkan empat tim yang tersebar di kampung kampung, pasar tradisional, pondok pesantren dan tempat kerumunan warga di 31 Kecamatan dengan pendekatan humanis dan persuasif petugas PMI membagikan masker kepada warga yang diketahui tidak menggunakan masker sekaligus tata cara pemakaian yang benar.

Memasang poster-poster himbauan berprilaku hidup bersih dan sehat ditempat-tempat strategis dengan harapan kegiatan tersebut menambah kesadaran dan mengajak masyarakat sekitarnya  untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan sehingga mempersempit penyebaran virus covid-19 dilingkungannya masing masing." Ujar Kepala Klinik PMI Jember, drg. Ayu Dwi Anggraheni yang memimpin langsung kegiatan promkes.

Petugas Klinik Pratama PMI Jember menyapa warga dan mengajak tokoh dikampung-kampung untuk ikut berperan aktif memerangi virus dengan mengajak dan saling mengingatkan masyarakat sekitarnya bagaimana pola hidup sehat dan bersih, bahkan jika ada keluhan bisa ditanyakan langsung, ungkapa drg. Ayu Dwi Anggraheni, Rabu (15/07/20).

Sasaran hari ini Kecamatan Umbulsari dan Rambipuji dengan mendatangi pondok pesantren Nurul Qur'an, pasar tradisional, pengguna jalan raya, warung kopi, bahkan kegiatan di desa yang banyak warga berkumpul kita sapa didampingi Ketua PMI Kecamatan Rambipuji dan Umbulsari.

Dua Kecamatan tersebut merupakan sasaran ke sepuluh dari 31 Kecamatan yang tersebar di kabupaten Jember, dan kegiatan yang sama besok (Kamis,16/7/2020) petugas Klinik Pratama PMI Jember melanjutkan sosialisasi PHBS di kecamatan Balung dan Sukorambi. Program tersebut dilakukan terus menerus mengingatkan masyarakat agar terus waspada dan menjalankan protokol kesehatan dilingkungan masing-masing

Selain program Promkes PHBS, PMI Kabupaten Jember berkomitmen untuk terus membantu pemerintah melakukan pencegahan penyebaran covid-19 dan penyakit lain yang harus diwaspadai ditengah pandemi Covid-19 seperti Demam Berdarah Dengue (DBD)."ungkapnya.(*)

Posting Komentar

0 Komentar